Rabu, 25 Juni 2008

Membangun LAN (Local Area Network)

LAN merupakan sebuah jaringan komputer yang bersifat terbatas, seperti perkantoran, sekolah, warnet, rental komputer, laboratorium dan sebagainya. Adanya sebuah LAN memudahkan pemakai dalam pengambilan data yang cepat, akses internet bersama, komunikasi antar komputer, penyimpanan bersama dan sebagainya.

Untuk membangun sebuah LAN dibutuhkan dua perangkat penting yakni:

1. Hardware (Perangkat Keras)

Perangkat keras untuk LAN merupakan bagian yang penting dari sebuah LAN. Dibawah ini adalah perangkat-perangkat keras yang dibutuhkan untuk membangun sebuah LAN.

· Komputer

Komputer merupakan komponen utama dalam membangun sebuah jaringan komputer, komputer yang biasa digunakan adalah jenis PC (personal Computer).

· Adapter Jaringan

Adapter jaringan lebih kenal dengan nama LANCard atau port LAN. Kebanyakan komputer telah memiliki Adapter Jaringan yang telah menyatu pada mainboard (onboard) ketika membeli sebuah komputer.

· Kabel

Kabel yang umum digunakan untuk LAN saat ini adalah kabel jeni UTP. Kabel ini digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer yang akan membentuk sebuah LAN.

· Concentrator

Concentrator dikenal dengan hub yang fungsinya adalah sebagai terminal yang mengatur lalu lintas data. Banyaknya komputer yang bisa digunakan pada sebuah LAN tergantung pada jumlah port yang ada pada sebuah Hub. Misalnya hub yang memiliki 4 port hanya dapat digunakan untuk maksimal 4 (empat) komputer sedangkan yang 8 (delapan) port maksimal komputer yang digunakan hanya 8 (delapan) unit. Hub memiliki berbagai jumlah port, misalnya 4 port, 8 port, 16 port, dan 24 port.

· Conector

Conector berfungsi agar dapat membantu menutupi ujung dari kabel UTP agar bisa dimasukkan ke Hub dan adapter jaringan. Conector yang digunakan biasanya adalah conector RJ45.


2. Software (Perangkat Lunak)

· Sistem Operasi

Hampir semua sistem operasi dapat digunakan untuk membangun sebuah LAN baik yang bersifat open source seperti linux (redhate, mandrake, suse, debian, ubuntu dan sebagainya) maupun yang close source seperti windows( windows 98, windows 98, windows Me, Windows XP dan sebagainya).

· Aplikasi

Aplikasi merupakan software yang dirancang khusus untuk keperluan tertentu. Aplikasi yang digunakan untuk sebuah jaringan ada yang perlu menginstal dan ada juga yang tidak perlu lagi menginstal karena sudah ada di dalam sebuah sistem operasi. Contohnya Seperti Netmeeting, Internet Explorer dan sebagainya.

Tidak ada komentar: